Visi dan Misi

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN, STRATEGI, DAN KEBIJAKAN

  • Visi

Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang berisikan cita dan citra yang ingin diwujudkan instansi pemerintah. Adapun visi Kecamatan Na IX-X Profesional Membina dan Melayani menuju Masyarakat yang Aman, Damai  dan Sejahtera “

Profesional mengandung pengertian dilakukan dengan sungguh-sungguh, mengandung kebenaran ber dasarkan ilmu pengetahuan, keahlian serta ketrampilan tertentu dan berdasarkan serta tidak bertentangan dengan moral dan aturan hukum yang berlaku.

  • Misi

Misi adalah yang harus diemban atau dilaksanakan oleh sebuah instansi agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik. Misi Kecamatan Na IX-X adalah “Menyelenggarakan Pembinaan Pemerintahan Kecamatan, Pembangunan Wilayah dan Kemasyarakatan  secara optimal

  • Tujuan dan Sasaran

Tujuan adalah sesuatu (apa) yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu tertentu 1 (satu) sampai 5 (lima (lima) tahun.Adapun tujuan Kecamatan Na IX-X adalah Meningkatkan kapasitas pemerintahan daerah dari segi kelembagaan, sumberdaya aparat, dan keuangan daerah dalam rangka pelayanan publik yang prima”

Sasaran adalah hasil yang ingin dicapai secara nyata oleh instansi pemerintah dalam rumusan yang lebih spesifik, terukur dalam kurun waktu yang lebih pendek dari tujuan. Adapun sasaran yang ingin dicapai Kecamatan Na IX-X adalah “Optimalisasi fungsi Kecamatan di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan ”.

  • Strategi

Strategi adalah cara mencapai tujuan dan sasaran yang dijabarkan ke dalam kebijakan-kebijakan dan program-program. Strategi dalam mencapai tujuan dan sasaran Kecamatan Na IX-X adalah  sebagai berikut :

  1. Mengoptimalkan fungsi pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugas Kecamatan
  2. Menyelenggarakan koordinasi penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan.
  3. Menyelenggarakan pembinaan dan fasilitasi pemerintahan desa,
  4. Menyelenggarakan pembinaan dan fasilitasi pembangunan wilayah dengan melibatkan semua stakeholder
  5. Menyelenggarakan pembinaan dan fasilitasi kemasyarakatan secara optimal;
  • Kebijakan

Kebijakan adalah ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan oleh yang berwenang untuk dijadikan pedoman, pegangan, petunjuk dalam pengembangan ataupun pelaksanaan program/kegiatan guna mewujudkan sasaran, tujuan serta visi dan misi instansi pemerintah.

Adapun kebijakan Kecamatan Na IX-X yang ditetapkan adalah sebagai berikut :

  1. Melaksanakan pelayanan administrasi masyarakat;
  2. Mengoptimalkan fungsi koordinasi pemerintahan ditingkat Kecamatan;
  3. Melaksanakan pembinaan dan fasilitasi pemerintahan Kecamatan;
  4. Melaksanakan pembinaan dan fasilitasi pembangunan wilayah;
  5. Melaksanakan pembinaan dan fasilitasi kemasyarakatan.